Business Process Reengineering in Supply Chain

Journal Review #4: Faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi  blockchain dalam praktik  manajemen rantai pasokan:  Sebuah studi berdasarkan industri minyak

Penelitian ini mencoba untuk mengisi kesenjangan dengan mengusulkan framework untuk jaringan Supply chain yang kompleks. Penelitian ini mengidentifikasi praktik SCM Industri Perminyakan di Pakistan. Penelitian ini juga menganalisis dampak dari praktik-praktik ini terhadap kinerja Operasional.

Penelitian ini membantu memahami 

  1. Hubungan antara praktik SCM dengan fitur blockchain, 
  2. Bagaimana fitur blockchain membantu menginkatkan praktik SCM dan pada akhirnya meningkatkan kinerja Operasional.

Oil Supply Chain

Minyak adalah salah satu bahan baku  paling penting  di  dunia, telah dianggap sebagai sumber energi yang paling menonjol   sejak  pertengahan  1950-an,  dan merupakan  salah  satu bagian  paling  penting dari ekonomi dunia. 

Rantai  pasokan  minyak memiliki  struktur  kompleks yang mirip dengan yang bergerak cepat mengkonsumsi barang (Ahmad  et al.,  2017; Saad  et al.,  2018).  

Kerangka  konseptual  yang  digambarkan dalam menunjukkan efek praktik SCM pada kinerja operasional dan mengeksplorasi hubungan fitur Blockchain  dengan  praktik SCM.  

Hasil yang diperoleh dari menerapkan BPR ke Supply Chain dan Manfaat yang diperoleh setelah bagi praktik SCM terhadap kinerja operasional:

  1. Reduce Lead time
  2. Flexibility
  3. Forecasting
  4. Cost-saving
  5. Resource Planning
  6. Reduced Inventory 

Kesimpulan:

Makalah  ini  mengusulkan framework untuk adopsi Blockchain ke dalam manajemen rantai pasokan melalui praktik SCM untuk meningkatkan integrasi di antara semua fungsi rantai pasokan  yang mengarah pada  peningkatan kinerja operasional. Penelitian ini memberikan bukti yang menunjukkan praktik SCM  memiliki dampak positif dan signifikan  pada operational performance industri  minyak Pakistan.

Selain itu penelitian ini berkontribusi untuk membangun hubungan antara fitur Blockchain  (berbagi informasi real-time, keamanan   cyber,  transparency,  transaksi aman, keandalan, keterlacakan, dan visibilitas) dan praktik SCM (kemitraan erat dengan pemasok, menutup sebagian- nership  dengan pelanggan, tepat pada waktunya (JIT), perencanaan strategis,  outsourcing, e-procurement, logistik pihak ketiga, subkontrak,  dan banyak  pemasok)  untuk  meningkatkan  integrasi.

Leave a comment

Gwyneth Christina's Blog

Gwyneth Christina's blog for Information Systems

Ledi's Blog

Information System Course

Saffira Annisa's Blog

Everything About Information System, Journal Review, and other insightful things!

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Design a site like this with WordPress.com
Get started